artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

MISYKATI Menutup Kegiatan Dengan Sholat Hajat Bersama


Kairo-Seiring dengan semakin dekatnya jadwal ujian termin kedua Universitas al-Azhar, MISYKATI pun menggelar acara pamungkasnya pada Kamis (19/4) kemarin. Acara yang diselenggarakan sebagai penutupan kegiatan di penghujung musim semi ini dirangkai dengan berbagai agenda yang memang telah mentradisi di kalangan anggota MISYKATI. Diantaranya adalah “Taushiyah dan Tasyji’ Menjelang Ujian”, Sholat Hajat, serta do’a bersama. Disamping itu acara ini juga diselingi dengan pengumuman hasil ujian Tahfidz Qur’an Tahriri yang selesai dilaksanakan pada Selasa (17/4) kemarin.

Hadir dalam acara ini sekitar 30 anggota MISYKATI yang tersebar diberbagai belahan Kairo. Sejak sore harinya, beberapa anggota MISYKATI telah mulai berdatangan ke sekretariat yang bertempat di bilangan Musallas, Nars City, Kairo. Sekitar pukul 20.00 WK acara dimulai dengan pembacaan kalam ilahi oleh Jawwada Mumtaz al-Mubarak. Selanjutnya acara beranjak menuju sambutan ketua MISYKATI oleh M. Luthfi al-Anshori. Menurut penjelasannya, acara ini diselenggarakan sebagai penutupan kegiatan MISYKATI pada termin ini. Maka dengan itu diharapkan seluruh anggota MISYKATI bisa menggunakan waktu yang tersisa sebelum ujian untuk mempersiapkan diri masing-masing.

“Dua tahun yang lalu, secara berturut-turut MISYKATI berhasil meraih predikat “Almamater Terbaik” dalam rangka “Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Academy Award di bidang akademis. Maka kita semua berharap semoga di tahun depan MISYKATI mampu mempertahankan prestasi itu, sehingga bisa hatrick sebagai almamater terbaik di jagad Masisir (Mahasiswa Indonesia Mesir)”. Begitulah sebuah harapan besar yang disampaikan Luthfi dalam sambutannya.

Menambah keberkahan acara pada malam hari tersebut, M. Erkham Masykuri (Koord. Dept Pendidikan MISYKATI) meminpin para hadirin untuk membaca Surat Yasin bersama. Berselang beberapa saat kemudian, M. Ihsan Maulana, yang pada malam hari itu bertindak sebagai MC memberikan waktu sepenuhnya kepada Khorun Niat, Lc. untuk menyampaikan Taushiyah serta trik-trik menghadapi ujian. Cukup banyak poin yang beliau sampaikan, diantaranya adalah motifasi serta dorongan untuk senantiasa mempersiapkan diri dengan modal rasa khauf akan ujian. Bertolak dari situ (rasa takut, red), kita akan senantiasa terpacu untuk terus meningkatkan kualitas belajar. Namun disamping itu juga harus diiringi dengan raja’ atau pengharapan serta do’a.

Sebagai penutup, acara dilanjutkan dengan Sholat Hajat yang diimami oleh Kholil Misbah, Lc. Adapun yang diminta untuk memimpin do’a pada malam hari itu adalah M. Wachid Ramadhan, Lc. Begitulah agenda penutupan kegiatan itu berlangsung sebagaimana sunnah-sunnah hasanah MISYKATI lainnya yang senantiasa lestari. Akhirnya, selamat menempuh ujian musim panas untuk seluruh anggota MISYKATI. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan taufiq-Nya kepada kita semua. Amin. Robbena Yusahhel. Robbena Yunaggehna! [Lut-V]

No comments:

Post a Comment