artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

MISYKATI Siap Menyambut Mahasiswa Baru

[Misykati Online]

Kairo-Senin (5/11), Mejelis Intensif Studi Yurisprudensi dan Kajian Pengetahuan Islam (MISYKATI) yang merupakan organisasi Keluarga Alumni MAPK-MAKN Solo menggelar agenda perdananya paska Idul Fitri 1428 H. Acara yang bertajuk “Silaturrahmi dan Sharing Ide Seputar MISYKATI” itu diselenggarakan di sekretariat MISYKATI, Musalats Hay Asyir Nasr-City. Sebagian besar anggota MISYKATI yang tersebar di berbagai district pun hadir meramaikan acara ini.

Tepat pukul 18.30 CLT acara dimulai dan dipimpin oleh M. Fuad al-Amin, salah satu anggota Departemen Pendidikan MISYKATI. Sesuai tema di atas, agenda pokok pada pertemuan kali ini adalah sharing ide seputar MISYKATI. Dalam sambutannya, Ketua Misykati M. Luthfi al-Anshori menyampaikan bahwa, agenda kali ini secara khusus bertujuan untuk membincang hal-hal yang berkaitan dengan kedatangan mahasiswa baru MISYKATI. Sedangkan secara lebih luas, agenda ini juga dimaksudkan sebagai sarana evaluasi dan sharing ide seputar program-program kegiatan dan revitalisasi fungsi sekretariat, sehingga diharapkan ke depan MISYKATI bisa menjadi lebih baik dan prestasi di berbagai bidang.

Menguatkan apa yang disampaikan Luthfi, Khoirun Niat, Lc sebagai salah satu penasehat MISYKATI juga menegaskan akan pentingnya kondisi sekretariat yang kondusif guna mendukung proses belajar. Maka ia berharap agar pada pertemuan kali ini seluruh anggota MISYKATI mau menyumbangkan gagasan serta ide-ide konstruktif. Di samping itu, mbah Niat (sapaan akrab Khoirun Niat) juga menekankan pentingnya silaturrahmi antar sesama anggota keluarga MISYKATI.

Memasuki acara inti, Fuad membuka sharing ide dengan memberikan deskripsi seputar hal-hal penting yang akan dibahas malam hari itu. Di antaranya yang pertama adalah pembahasan seputar MISYKATI, baik yang berkaitan dengan evaluasi kegiatan, sistem keorganisasian, rencana program ke depan, keuangan, hingga pada pembahasan sekretariat dan kelengkapan perangkat organisasi lainnya. Pada sesi ini suasana tampak enjoy namun tetap serius. Pasalnya, dari beberapa sesepuh MISYKATI yang hadir pada saat itu pun turut berpartisipasi aktif dalam menyumbangkan ide serta gagasannya. Setelah melakukan evaluasi kegiatan, agenda melaju pada pembahasan rencana program kegiatan ke depan. Mengingat kurang lebih satu setengah bulan lagi ujian termin pertama akan tiba, forum sepakat untuk memfokuskan kegiatan pada hal-hal yang menunjang prestasi akademik anggota. Di antaranya adalah dengan menggalakkan program tahfidz Qur’an, bimbingan muqarrah untuk Maba, dan kontroling belajar seluruh anggota.

Salah satu poin penting terkait dengan program kerja pengurus yang disoroti malam hari itu adalah buletin MISYKATI. Selama kurang lebih setahun terakhir ini buletin MISYKATI mengalami kemandegan akibat beberapa kendala; mulai dari masalah finansial, krisis identitas, hingga manajemen yang belum tersusun rapi. Sehingga pada malam itu forum secara bersama-sama merumuskan bagaimana prospek buletin MISYKATI ke depan. Dan alhasil, seluruh forum setuju dan mendukung untuk menerbitkan kembali buletin MISYKATI, mengingat signifikansinya sebagai wahana silaturrahmi dan informasi, latihan menulis dan aktualisasi potensi anggota.

Meniti poin selanjutnya, pembahasan menukik pada persiapan penyambutan Maba MISYKATI yang insya Allah berjumlah 10 orang dengan perincian; 7 orang non beasiswa dan 3 orang beasiswa. Walaupun hingga rapat itu diselenggarakan belum ada kepastian mereka akan berangkat kapan, namun forum tetap mempersiapkan hal-hal terkait dengan mereka. Pertama, terkait dengan penempatan Maba. Setelah melalui berbagai adu argumen tentang opsi-opsi yang muncul dari beberapa anggota, akhirnya forum sepakat bahwa Maba akan ditempatkan dalam satu rumah, yaitu di sekretariat MISYKATI. Dengan demikian, konsekuensi yang diambil adalah dengan merelokasi seluruh anggota rumah MISYKATI. Setelah itu, forum menentukan siapa-siapa yang nantinya akan tinggal bersama Maba untuk mendampingi serta membimbing mereka dalam berbagai urusan. Maka terpilihlah M. Luthfi al-Anshori (selaku ketua Misykati) dan Jawwada Mumtaz al-Mubarak (selaku pengurus MISYKATI dept. Olah Raga), sebagai pendamping mereka nantinya.

Sharing ide yang berjalan cukup dinamis itu tak terasa memakan waktu cukup lama. Tepat pukul 22.15 CLT agenda tersebut usai dan ditutup dengan do’a yang dipimpin Lathif Hakim, Lc. Adapun agenda selanjutnya adalah ramah tamah dengan suguhan ikan Tuna bakar, sambal bajak dan lalapan timun. Dengan demikian, walaupun kedatangan Maba hingga malam hari itu belum mendapat kepastian, namun pengurus MISYKATI telah siap menyambut kedatangan mereka kapan saja. Semoga para pejuang baru yang akan hadir menghiasi bumi kinanah ini betul-betul membawa semangat baru yang baja dan membara.Amin.(lut-V)

1 comment:

  1. Ada yang tau copyright buku2 kang Abik (Habiburrahman.S) Ayat-ayat Cinta dll?
    Soale diblog negeri jiran di sini novel ayat-ayat cinta kok (percuma) di gratiskan???

    ReplyDelete