artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Misykati Selenggarakan Try-Out Tahfidz

[Misykati Online]
Jum’at malam (25/4), Majelis Intensif Studi Yurisprudensi dan Kajian Pengetahuan Islam atau yang akrab dengan sebutan Misykati menggelar agenda Try-Out Tahfidz al-Qur’an di altar birunya, Mutsalast, Hay Asyir, Nasr City. Agenda ini merupakan program rutin tahunan Misykati yang diselenggarakan sebagai wahana latihan atau persiapan anggota dalam menghadapi ujian semester genap Universitas al-Azhar, khususnya materi hafalan al-Qur’an. Walaupun dalam prakteknya al-Azhar menyelenggarakan dua kali tes al-Qur’an yang meliputi ujian lisan dan tulis, namun Misykati hanya menyelenggarakan Try-Out tertul
is saja, mengingat efisiensi waktu.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kali ini Misykati menyiapkan soal-soal Try-Out mulai dari tingkat pertama hingga tingkat terakhir. Namun melihat praktek di lapangan, agenda ini lebih banyak diikuti oleh anggota Misykati yang masih duduk di tingkat-tingkat awal. Meskipun demikian, hal itu tidak mengurangi substansi pelaksanaan Try-Out yang diadakan untuk menguji sejauh mana kesiapan anggota dalam menghadapi ujian nanti. “Dengan agenda ini setidaknya kita tahu sejauh mana kesiapan kita dalam bidang hafalan al-Qur’an. Maka dengan melihat hasil Try-Out ini nanti, kita bisa menjadikannya sebagai parameter apakah kita harus mempertahankan dan menjaga hasil yang sudah baik, ataukah kita harus meningkatkan lagi karena hasilnya belum memuaskan dan masih jauh dari kata cukup untuk memenuhi standar kelulusan di al-Azhar!” tegas Luthfi, Ketua Misykati, saat memberikan sambutan di awal acara.

Mengingat waktu Kairo yang telah diputar maju satu jam sehari hari sebelumnya, acara segera dimulai setelah para peserta melaksanakan sholat Isya’ berjama’ah. Selanjutnya, tim pembuat soal yang dalam hal ini dipegang oleh Ust. Kholil Misbah, Lc. segera membagikan soal Try-Out kepada seluruh peserta sesuai tingkat masing-masing. Sebagaimana durasi ujian tahfidz di al-Azhar yang memberikan peluang selama 2 jam untuk mengerjakan soal, Misykati-pun menerapkan peraturan yang sama. Ujian pun selesai dan berakhir pada pukul 23.30 CLT.

Ust. Rifmi membagikan soal ujian

Adapun pengumuman hasil Try-Out akan disampaikan pada acara Penutupan Kegiatan Misykati yang rencananya akan diselenggarakan pada hari Selasa (29/4) pukul 19.00 CLT di sekretariat Misykati. Acara penutupan ini meliputi Taushiyah yang akan disampaikan oleh Ust. Saiful Bahri, MA, sholat Tahajjud dan Do’a bersama menjelang ujian. Sesuai informasi yang telah tersiar, al-Azhar secara serentak akan memulai ujian musim panas ini pada pertengahan Mei, meskipun ada juga pada beberapa fakultas tertentu -sebagaimana di kampus putri- yang telah memulai ujian lisan pada akhir bulan ini dan awal Mei.(MLA)

No comments:

Post a Comment