artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Buber Syukuran Misykati; Indahnya Kebersamaan

(Misyakti Online)

Misykati sebagai wadah alumni MAPK Solo yang ada di Mesir mengadakan Buber (buka bersama) tiap pekan selama bulan Ramadhan. Rangkain acara ini adalah siklus tahunan yang dimotori oleh ketua Misykati. Setelah acara urun rembug yang diadakan pra Ramadhan kemarin, ditetapkan teknis acara dan pembagian kelompok yang bertugas membuat hidangan buka secara bergiliran. Acara ini juga dijadikan sebagai ajang syukuran bagi para misyakter yang naik tingkat, melalui kontribusinya menyediakan buka puasa di kelompok masing-masing. Tiap kelompok terdiri dari 5 orang.

Tak terasa ramadhan telah hampir berjalan 3 pekan. Selama itupula Misykati telah mengadakan 3 kali buber. Acara itu diadakan setiap hari Rabu, bertempat di sekretariat Misykati. Meskipun banyak acara buka puasa di Masisir dan masjid-masjid di mesir. Hal itu tidak menyurutkan antusiasme Misykater untuk bertandang ke kampus biru.

Acara buber perdana dilaksnakan ketika Ramadhan masih berumur 3 hari. Kala itu menghadirkan Wahid Ramadhan Lc. Mahasiswa S2 dari Purworejo itu mengingatkan kepada misykater untuk menata start dengan baik di bulan Ramadhan. Ammu Dhon panggilan akrab Wahid Ramadhan juga memanjakan misykater dengan analogi ramadhan sebagai supermarket yang sedang member diskon besar-besaran. Ammu Dhon terus mengajak untuk terus meningkatkan amal di bulan ini.

Meniti pekan kedua giliran Alex Mahya Shofa Lc. Mahasiswa asal “Kota Jenang” yang baru saja meraih gelar sarjana tahun ini. Maleo sebentar lagi juga akan berpulang ke pangkuan Ibu Pertiwi paska pamungkas studinya di al-Azhar kairo, fakultas Ushuluddin jurusan Akidah Filsafat.

Pekan ketiga, Rabu (17/9) kemarin. Ust. Zainul Abidin Lc. Dipl. mengisi tentang keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan. Ammu Zainul sedikit memetik keutamaan hari-hari selama ramadhan. Dalam penjelasannya Ammu Zainul mengabstraksi berbagai kejadian pada masa Rasullah. Pada masa Rasullah terjadi kemenangan-kemenangan Islam dalam perang
Pada teknis pelaksanaan acara. Seperti biasa sebelum memulai acara inti yaitu Talk Show atau kajian. Para misykater terlebih dahulu melaksanakan tadarus bersama. Terlebih dalam moment Ramadhan ini membaca al-Qura`n tentu menjadi amalan utama. Kerena pada bulan Ramadhan inilah diturunkannya al-Qura`n.

Kemudian setelah membaca al-qur`an, dilanjutkan dengan sambuan singkat dari ketua Misykati, Sdr. Fuad Al-amin, dalam sambutan singkatnya dalam acara buber, Fuad selalu menyertakan ungkapan terimakasih kepada sponsorship acara. Dalam hal ini sponsorship di gawangi oleh para petugas dari kelompok penyedia hidangan buka puasa.
Selepas itu barulah acara inti, Talk show. Kemudian kelompok yang bertugas mulai menyediakan hidangan dalam nampan-nampan yang sudah siap disantap. Sengaja hidangan buka puasa di Misykati ditaruh dalam nampan-nampan. Hal ini agar menciptakan rasa persaudaraan yang kuat di antara Misykater. Selain itu konon berkah datang bersama kebersamaan.

Misykati masih menyisakan satu kali buber yang akan diadakan Rabu (24/9) depan. Pada acara itu menyertakan Sdr. Muhammad Arfan, Nurul Ihsanuddin, Farid Wajdi, Abdullah Munif, M Muaffiq Azifullah sebagai petugas penghidang buka puasa.(FFA)

No comments:

Post a Comment