artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Buber Perdana dan Rembug Misykati

Setelah acara suksesi yang diadakan pada tanggal 19 Agustus 2009 dengan ketua terpilih Ajib Akbar Velayaty selesai dilewati, barulah pada tanggal 4 Sepetember 2009 acara perdana dilaksanakan. Yang mana kegiatan Misykati sempat terhenti beberapa waktu dengan adanya ujian term 2 Al-Azhar. Acara rutin yang dilaksanakan di bulan puasa dengan dana dari anggta yang berhasil (najah) dalam ujian Al-Azhar tahun ini yaitu buka bersama di sekretariat Misykati. Dalam acara kali ini, ada beberapa rangkain acara yang dilalui bersama, mulai dari pembacaan surat Yasin, tadzkiroh, buka bersama, pembacaan kabinet Misykati periode 2009-2010 dan yang terakhir adalah rembug Misykati terkait sekretariat.

Acara Buber perdana ini dimulai pada pukul 17.40 WK dengan pembacaan surat Yasin bersama yang dipimpin oleh Irkham Masykuri, Lc. Setelah itu, menjelang pukul 17.55 dilanjutkan acara tadzkiroh yang pada kesempatan kali ini disampaikan oleh Ust. Sugeng Haryadi, Lc dengan tema “Pentingnya Ilmu Pengetahuan”. Salah satu ucapan beliau dalam tazdkiroh kali ini adalah, “Jikalau kamu menghormati ilmu, niscaya kamu akan dihormati oleh ilmu yang telah kau dapatkan itu. Akan tetapi jika kau acuhkan ilmu, maka kamu pun akan diacuhkan oleh ilmu yang telah kau dapat itu”. Bahkan ada satu lagi ungkapan yang menarik, yaitu; ”Th├ólibul ilmi akramu man yamsyi fil ardh”, yang artinya: “seorang pelajar adalah orang paling mulia yang berjalan di muka bumi ini.”

Setelah Azan Maghrib berkumandang, seluruh anggota yang dating melaksanakan sholat maghrib berjamaah, setelah itu baru dilanjutkan dengan makan-makan. Untuk menu kali ini adalah ayam merah yang tak kalah rasanya dengan menu-menu restoran Indonesia di Mesir. Dengan bantuan koki andalan Misykati, Ust. Rifmiyanto, Lc menu yang sederhana itu menjadi luar biasa. Makanan dihidangkan secara berjama’ah dengan nampan-nampan besar yang bias dikelilingi 5-6 orang.

Setelah makan, acara dilanjutkan dengan pembacaan susunan kabinet Misykati untuk periode mendatang dan rembug bareng mengenai sekretariat. Hal ini dikarenakan banyak keluhan di milist mengenai kenaikan harga sewa rumah yang tadinya 800 Le./bulan dan akan dinaikan sampai 1000 Le. pada bulan Oktober mendatang. Maka perlu kiranya hal ini dibincang dalam forum Misykati secara umum. Selain Ust. Sugeng dan Ust. Rifmiyanto, sesepuh yang juga datang pada acara kali ini adalah Ust. Wahid Ramadhan, Lc dan Ust. Sulthoni, Lc. Akhirnya setelah kita membincang masalah sekretariat sampai satu jam lamanya, keputusan bersamapun tercapai.

Adapun kesepakatan bersama mengenai sekretariat adalah: Misykati masih mempertahankan sekretariat yang ada saat ini, menimbang banyaknya kenangan yang telah terukir di sana mulai dari angkatan awal senior-senior Misykati datang ke bumi para nabi itu sampai tahun 2009 ini. Keputusan bersama ini juga menimbang beberapa hal sebagai berikut; pertama,memang rata-rata harga sewa rumah pada bulan-bulan ini hampir semua naik. Kedua, mencari rumah untuk waktu-waktu sekarangpun agak sulit. Ketiga,mencari rumah yang seukuran sekretariat sekarang memang tinggi harga sewanya. Keempat,dimungkinkan bulan Oktober atau November anak-anak baru sudah mulai pada datang. Maka kita pertahankan Misykati untuk supaya tidak ditakutkan waktu mereka datang, kita masih belum dapat rumah.

Inilah serangkaian acara yang berlangsung pada Buber perdana Misykati. Semoga ke depannya misykati selalu eksis dengan baik walau banyak rintangan yang pasti dihadapi nantinya.(Jib-Luth)

No comments:

Post a Comment