artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Misykati, Training Pembuatan Insya’ dalam Mengasah Tulisan

Misykati kembali melanjutkan acara tashwibatnya dengan konsep acara training insya’ dalam menyusun kalimat berbahasa arab, selasa(17/11).

Acara mingguan yang diadakan di sekretariat Misykati, Musallas, Nasr City ini diadakan setiap hari selasa dengan bimbingan langsung dari pakarnya, Ust. Sugeng Haryadi, Lc. Selain menjadi sesepuh Misykati, Amu Sugeng(panggilan akrabnya) juga pembimbing dalam agenda tashwibat ini.

Acara dimulai pada jam 18.30 CLT dengan panduan dari Saif al-Banna yang menjadi pembawa acara.

Rofiqul(Dept. Tashwibat Misykati) mengajukan 3 judul. Pertama, Al-Haj hal huwa nuqtatun takhawwul au laqob wa tajawwul. Kedua, Mafatih al-qulub al-mughlaqoh. Ketiga, Al-Qiro’ah baina al-hajjah wa al-‘adah.

Anggota Misykati yang hadir dalam acara itu diberi kebebasan dalam memilih judul yang mau mereka tulis. Sekitar dua puluh menit waktu yang diberikan bagi anggota dalam menyusun kalimat berbahasa arab itu.

Acara yang tergolong berat ini terasa lebih hidup. Masing-masing anggota membaca hasil penulisan mereka sedangkan yang lain menyimak dan mendengarkan.

Tak hanya itu, semua hasil karya yang telah dipresentasikan mulai diberi komentar mulai dari susunan kalimatnya, nahwu-sorofnya dan juga kesesuaian isi dengan judul yang telah ada.

Amu Sugeng memberikan catatan terakhir dalam akhir acara dengan beberapa poin.

“Kondisikan waktu yang ada semaksimal mungkin”ungkapnya.

Selain itu trik pembuatan kepenulisan berbahasa arabpun sempat disinggung beliau. “Cari poin-poinnya dulu baru kita susun kalimatnya”ucap Sugeng.

Dan pesan singkat beliau kepada anggotanya supaya terus melakukan tashwibat, seperti halnya yang dikatakan Sugeng”Jika kita selalu melakukan tashwibat ini, kita tak akan kesulitan mencari orang untuk didelegasikan kemanapun”.

Acara berakhir pada pukul 20.30 CLT dengan diakhiri doa bersama. (Ajib).

No comments:

Post a Comment