artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Refresh Otak & Bersihkan Niat


Kamis(12/11), Misykati mengadakan acara mingguan yang dihadiri oleh warganya dengan tema”Tadabbur dan tazkirah”. Sebagai pembicara tadabbur, Muhammad Arfan menerangkan makna kandungan dari surat Al-insan.

Ungkapnya, ”Surat yang terdiri dari 31 ayat ini termasuk Madaniyah(menurut jumhur ulama, walau ada yang mengatakan Makiyah) mengandung 3 unsur. Pertama, masalah periodesasi penciptaan manusia(ayat 1-4). Kedua, balasan bagi orang-orang yang berbuat baik(ayat 5-22). Ketiga, menerangkan bagaimana Alloh menguatkan hati rosul ketika dizalimi oleh orang-orang kafir, dan juga Alloh memerintahkan(menuntut) kepada Rasul untuk melakukan ibadah malam.”

Alloh SWT berfirman dalam ayat ke 26 surat Al-Insan” Dan pada sebagian dari malam, maka bersujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari”.

Arfan juga menguatkan ayat diatas dengan ayat lain dalam surat Al-Isro’ ayat 79” Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajjud(sebagai suatu ibadah)tambahan bagimu; mudah-mudahan tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”. “Makanya solat malam itu wajib bagi Rasul semasa hidupnya” imbuh Arfan.

Lanjutnya, Surat Al-insan ini mengajak kepada makhluk Alloh untuk bisa sadar dengan arti proses. Proses dimana dia pertama kali tercipta dalam bentuk yang bertahap, mulai dari air sperma hinga berwujud manusia secara utuh.

“Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya(dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat”.(Al-Insan: 2)

Arfan mengkaitkan arti proses itu dalam kehidupan sehari-hari. Semisal ketika ada seorang yang mendapatkan gelar Master dengan predikat Mumtaz, atau seseorang yang menjadi jutawan, dengan harta yang melimpah ruah. “Mereka mendapatkan itu semua karena karena terdapat proses disana” ungkap Arfan.

Selanjutnya Arfan mengingatkan kepada pendengar supaya tidak melupakan arti sebuah proses dalam kehidupan.

Balasan bagi orang baik yang terkandung dalam unsur kedua dalam surat Al-insan dijelaskan selanjutnya. Mulai dari siapa yang berhak mendapatkannya dan siapa yang tak berhak mendapatkanya.

“Ada 3 syarat untuk mendapatkan balasan yang baik dari Alloh” ucap Arfan.
Hal tersebut disebutkan dalam tafsir al-wasith, pertama dia menepati janjinya kpd Alloh, kedua dia takut dengan hari akhir, yg ketiga memberikan sesuatu yang disukainya kepada orang lain.

“Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan”.(Al-insan:8).

Tambahnya,”Yang dimaksud memberi disini yaitu ketika ada seorang yang cinta kepada Laptop miliknya misalnya, akan tetapi dia rela untuk diberikan kepada orang lain”.
Alloh berfirman”Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakan sebagian harta yang kamu cintai”(albaqoroh:92).

Lanjutnya Arfan berpesan kepada pendengar dengan menegaskan arti “proses”. “Kita butuh proses untuk menjadi sesuatu yang kita harapkan”. Ungkapnya. (Ajib)

No comments:

Post a Comment