artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Serial Kajian Turast”Bahasa Arab dan Literaturnya”

Kairo-Kamis(19/11), Misykati kembali mengadakan sebuah agenda mingguannya berupa serial kajian turast.

Agenda ini adalah rancangan agenda yang telah terancang mulai dari pengurus Misykati periode 2008-2009.

Untuk sereal kajian Turast kali ini membahas masalah “Bahasa Arab dan Literaturnya” yang dipresentasikan oleh salah satu senior Misykati, Sugeng Haryadi, Lc.

Dalam kajiannya, Sugeng memaparkan beberapa literatur dari bahasa arab, fiqh al-Lughot, nahwu dan sorof dan yang terakhir adalah balaghoh.

Untuk literatur bahasa arab, literatur yang sering dijumpai oleh khalayak ramai adalah kamus. Ada beberapa macam kamus di dalamnya, diantaranya kamus khusus tentang kosa kata Al-qur’an; ”al-Mufradat fi Gharibi Al-qur’an” karya Raghib al-Ashfahani(w. 425 H).

Ada kamus tentang hadist semisal “Gharibu al-Hadist” karya Abu Ubaid al-Harawi, kamus tentang fikih”al-Misbah al-Munir” karya al-Fayyumial-Hamawi, ada juga kamus yang disusun berdasarkan makna kata, dan kamus yang disusun berdasarkan kata dasar.

Sugeng juga menuliskan beberapa literatur tentang Fiqhu al-Lughah semisal “al-Khashaish” karya Ibnu Jinni al-Azdi, literatur nahwu dan sharaf semisal “al-Kitab” karya imam Sibawaihi, literatur karya sastra dan kritik sastra semisal “al-Mufadhdhaliyat” karya al-Mufadhdhal adh-Dahabiy dan yang terakhir adalah literatur balaghah semisal “al-Kitab” karya Sibawaih yang muncul pada masa awal munculnya ilmu ini.

Selain itu, Sugeng menambahkan beberapa poin dalam sesi tanya jawab.
“Pada abad ke-5(470-an M) ilmu balaghoh di posisi puncak”ungkapnya.

Lanjutnya, Sugeng menjelaskan maksud dari Fiqh al-Lughah,
“Di dalamnya menjelaskan tentang awal munculnya bahasa, perkembangan bahasa arab dan keistimewaan khusus dalam bahasa arab”. Imbuhnya.

Acara berlangsung khidmat selama satu jam sepuluh menit dengan jumlah anggota Misykati yang hadir sebanyak 20 orang.(Ajib)

No comments:

Post a Comment