artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Tashwibat Lughowiyah Dimulai


Sekretariat, Misykati Online- Runtutan program Misykati masih terjaga. Setelah acara Pidato 4 Bahasa yang menandai dimulainya program Misykati 2010-2011, sekarang giliran Tashwibat Lughowiyah memulai acara perdananya.

Selasa, 2 Oktober 2010 menjadi hari dimulainya acara tersebut. Dibungkus dengan Bahasa Arab Fusha, acarapun dimulai tepat ba’da Isya’ di sekretariat Misykati. Tidak hanya sebuah acara diskusi, ini juga merupakan kumpul bareng anggota misykati. Walau hanya dihadiri oleh 18 anggotanya, acara pun dapat terlaksana dengan menyenangkan.

Ditemani dinginnya malam, ketua Misykati memulai acara dengan sedikit menyampaikan prakata pemberi semangat kepada para anggotanya. Beberapa patah kata yang memberikan rangsangan batin kepada anggotanya untuk selalu semangat mempelajari bahasa para penghuni Surga. Bahasa yang harus dipelajari dengan sungguh-sungguh, meliputi penguasaan 4 (empat) kemampuan atau Maharat al-Lughowiyah al-'Arba'a ; Qira’ah, Istima’, Kitabah dan Khiwar. Dan 4 kemampuan bahasa itulah yang akan dipelajari dalam rutinitas acara tersebut.

Setelah ketua Misykati angkat bicara, acara intipun dimulai. Dengan dipandu oleh Rofiqul Anam, acara dimulai dengan sebuah membaca artikel. Ya karena pembelajaran kali ini adalah Qiroah. Dari sebuah artikel, nantinya para anggota diminta untuk membaca dan menjelaskan I’rob dari setiap kalimat. Tetapi sebelumnya terlebih dahulu mas Muwaffiq Azifullah membacakan biografi sang penulis. Dr. Mahmud Hamdi Zaqzuq, beliau sekarang menjabat sebagai wizarah al-Auqaf, sekaliber Menteri Agama di Mesir. sekaligus penulis dari artikel yang berjudul Al-Tanawu’u Sunnat al-Hayat, dan artikel inilah yang akan menjadi objek pembahasan.

Setelah pembacaan biografi penulis dirasa cukup, Rofiqul Anam sebagai pemandu mulai menunjuk satu-persatu anggota untuk membaca artikel tersebut. Ditemani air putih dan sedikit cemilan, acara pun berjalan dengan seru dengan berbagai bantahan dan penjelasan dari masing-masing anggota ketika mengoreksi bacaan temannya. Para anggota barupun ikut andil dalam mengaktifkan acara tersebut, karena memang ini acara ini difokuskan untuk para anggota baru Misykati, pun yang sudah lama sangat dinanti hadirnya. Senda tawa membaur di antara mereka dan suasana kekeluargaan pun sangat terasa kental dengan balutan keseriusan belajar.

Dan tak terasa waktu beranjak malam, walau artikel yang ada di tangan mereka belum selesai dibahas keseluruhan tetapi acara sudah purna. Dan pembahasan artikel tersebut akan dilanjutkan pada minggu yang akan datang. Karena acara ini adalah acara rutin mingguan, yang bertepatan dengan hari Selasa. Oleh karena itu ketua Misykati mengharap keistiqomahan para anggota untuk selalu turut aktif dalam acara tersebut.

Sebelum para anggota meninggalkan kesekretariatan, sebagai tuan rumah yang ramah, ketua Misykati menghidangkan nasi dan sayur sop sebagai makan malam. Karena hari itu tepat dengan jadwal masaknya. Dengan 2 buah nampan besar, mereka mulai menyantap nikmatnya sop tersebut. Suasana kekeluargaan terasa kental menemani senda tawa mereka. Dan semoga Misykati selalu Istiqomah dalam kebaikan. [Rosyad]

1 comment:

  1. Anonymous6:55 AM

    sip-sip-sip....
    lanjutkan

    ReplyDelete