artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Dr. Usamah al-Abd Rektor Baru al-Azhar



Belum sampai sepekan Dr. Usamah al-Abd mengumumkan tentang dimulainya kegiatan kuliah di semester dua ini. Mulai Sabtu (5/3) kuliah sudah mulai masuk bagi mahasiswa Mesir baik di Kairo maupun provinsi di luar Kairo. Sedangkan untuk wafidin mulai tanggal (15/3) itupun diperuntukkan bagi mahasiswa di Fakultas Kedokteran dan Farmasi. Bagi wafidin di Fakultas Ulum Islamiyyah, kuliah akan dimulai akhir bulan Maret ini.

Waktu mengumumkan hal tersebut beliau masih menjabat sebagai wakil Rektor bagian Pasca Sarjana. Namun kemarin (6/3) beberapa laman surat kabar Mesir melansir bahwa Musyir(panglima tertinggi) Muhammad Husain Thantawi sebagai ketua Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata Mesir menunjuk Dr. Usamah al-Abd sebagai Rektor Universitas al-Azhar menggantikan Dr. Abdullah Husaini Hilal yang sekarang menjadi Menteri Wakaf (Menteri Agama).

Dr. Usamah Muhammad Muhammad Hasan al-Abd diharap banyak untuk membawa al-Azhar menjadi lebih baik di masa mendatang terlebih menghadapi arus Revolusi Mesir.
Beliau meraih gelar S1 di Fakultas Syariah wa al-Qanun pada tahun 1975 dengan predikat Jayyid Jiddan, kemudian menyelesaikan program Magister dalam bidang Fiqih Perbandingan (Fiqh al-Muqaran) pada tahun 1981. Empat tahun kemudian, tepatnya tahun 1985, dalam bidang yang sama, beliau meraih gelar Doktor dengan predikat Cum laude.


Dr. Usamah memulai karirnya sebagai dosen di Universitas al-Azhar pada tahun 1976. Kemudian tahun 1988 beliau diutus untuk menjadi dosen di Kuwait. Sekembali dari Kuwait ke Mesir beliau diangkat menjadi Wakil Rektor dan sekarang diangkat menjadi Rektor. Selain di bidang keilmuan, beliau juga aktif di kegiatan kebudayaan, sosial dan menguasai Bahasa Perancis.[FFA]

No comments:

Post a Comment