artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Batu Loncatan Ahli Tafsir



Serial kajian mingguan Misykati berlanjut pada pembahasan pengantar ilmu tafsir pada Senin (18/4) di Sekretariat Misykati. Ini merupakan kajian mingguan yang kelima, setelah sebelumnya mereka mengupas seputar pengantar ushul fiqh, fiqh, ilmu kalam, ulumul qu'ran. Saudara Attabik Hasan Ma'ruf berkesempatan menjadi pemakalah dalam diskusi yang mengangkat tema global seputar pengantar ilmu tafsir ini, beliau mengambil judul; Pengantar dan Sejarah Singkat Pembukuan Tafsir, makalah disampaikan dalam waktu 15 menit, sesuai waktu presentasi yg telah disediakan oleh saudara Ahmad Fajar sebagai moderator.

Dalam makalahnya, saudara Attabik membahas secara sistematis untuk memudahkan peserta kajian dalam memahaminya. Seperti di pendahuluan, beliau menulis didalamnya pengertian tafsir, baik secara bahasa dan istilah, disusul dengan pembahsan mengenai tujuan, faedah dan objek pembahasan ilmu ini. Pada poin selanjutnya, dituliskan juga sejarah dan perkembangan ilmu tafsir, yang didalamnya mencakup perkembangan tafsir pada masa Nabi, sahabat, tabi'in sampai pada masa pembukuan tafsir dan perkembangan ilmu ini pada masa kontemporer. Makalah ini menekankan pada pengantar studi ilmu tafsir dari sisi sejarah perkembangannya.

Jalannya diskusi, seperti kajian-kajian sebelumnya, kajian pada senin malam yang diikuti 14 peserta ini berlangsung menarik serta komunikatif. Diskusi dibagi menjadi dua sesi, yang pertama sesi penyampaian makalah atau presensetasi, dan yang selanjutnya adalah sesi tanya jawab sekaligus diskusi. Beragam pertanyaan muncul dari peserta, seperti, apa hukum mempelajari ilmu ini ?, apa itu tafsir bil ra'yi n tafsir bil ma'tsur ?, apakah penafsiran dengan akal itu boleh ? dan lain sebagainya. Semua pertanyaan tersebut dijawab dengan lugas dan jelas oleh pemakalah, sesekali kang Klolil Misbah dan kang Fatchul Machasin menambahi apa-apa yang sekiranya butuh penjelasan lebih rinci.

Kajian berlagsung selama kurang lebih 3 jam, dimulai jam 20:00 dan berakhir jam 23:00 CLT. Kajian ditutup oleh moderator setelah para peserta kajian menyampaikan pertanyaan atau pun menanggapi apa yang disampaikan pemakalah. Tentunya belum semua permasalahan seputar ruang lingkup tafsir atau pun pengantar ilmu ini terkupas tuntas, masih banyak pembahasan-pembahasan mengenai ilmu ini. Terakhir, pemakalah berharap makalah yangg beliau sampaikan pada kesempatan kali ini bisa membantu teman-teman ketika mau mempelajari ilmu tafsir secara lebih mendalam.[Ulinho]

No comments:

Post a Comment