artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Warga Misykati Kembali Raih Gelar Magister dari Universitas Al-Azhar


 Siapa sangka siang itu, selasa, (19/6) 2012 sepanas 36 derajat itu bisa mendadak sejuk. Angin kebanggaan menerpa siapa saja yang hadir di Aula Syekh Humrusy Fak. Bahasa Arab Univ. Al-Azhar Kairo Mesir.
Tepuk tangan gegap gempita mengiringi keharuan Aminah Nurfida yang tengah memeluk erat putranya, Nabigh. Seolah simpul segala penat yang terasa, disertai kondisi diri dan anaknya yang menurun, terurai lepas. Sejurus dengan pengumuman hasil sidang tesis suaminya, Sugeng Hariyadi yang meraih predikat tertinggi dalam tingkatan hasil munaqosyah. Bukan hanya imtiyaz, dan bukan pula imtiyaz bissyarof. Tesis beliau dengan judul “Tasybihat Abi Hamid al-Ghozali at-Tamtsiliyat fi Kitabi Ihya ‘Ulumi ad-Din, Gaya Bahasa Tamsil Imam Ghazali Dalam Kitab Ihya Ulumuddin (Studi Balaghah)” berhasil menyabet predikat mumtaz ma’a taushiyah bittob’ binafaqotil jamiah, cumlaude dengan tesis yang dicetak dan disebarluaskan dengan tanggungan biaya dari pihak Univ. Azhar.

Sidang dengan penguji Prof. Dr. Ibrahim Khuli dan Prof. Dr. Samir Yusuf Ulaiwa, didampingi pembimbing beliau Prof. Dr. Muh. Amin Khudari dan Prof. Dr. Muh. Abdul Alim Dusuqi memang berjalan alot sebagaimana sidang tesis yang lain. Dimulai sesuai jadwal, pukul 10.00 waktu Cairo dan berakhir tengah hari, sidang menghabiskan waktu 3 jam tanpa henti. Setiap pertanyaan yang terlontar seakan tak menyisakan waktu untuk beliau menjawab. Namun disela-sela komentarnya, penguji tak lepas dari kata-kata pujian terhadap tesis ini, sambil terus mengatakan bahwa apa yang dihasilkan Sugeng Hariyadi adalah kerja keras nyata dan amal saleh. Diantara pujian yang tertuju pada alumni MAPK Solo ini juga, adalah bahwasanya beliau bukanlah non-Arab lagi, melainkan sudah menjadi Arabi serapan yang mengalahkan Arabi asli. Subhanallah, semoga kesuksesan beliau menjadi motivasi bagi kita semua. Sekali lagi selamat untuk Ust. Sugeng Haryadi, MA yang telah menyelesaikan studi s2 dengan predikat sangat membanggakan, semoga apa yang telah beliau torehkan bisa menjadi pemicu semangat teman-teman Misykati lainnya untuk bisa berprestasi secemerlang beliau. Amiin [Nikmah]

1 comment:

  1. congrats:)

    semoga bisa segera mengabdi di tanah air:)

    ReplyDelete