artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Misykati Gelar Acara 3 in 1; Perkenalan, Sosialisasi Kegiatan dan Perpisahan

Misyakti--Selasa (4/2) Misykati kembali menunjukan keeksistensiaanya, setelah pada (21/1) lalu menggelar acara main bola bersama sebagai pembukaan kegiatan termin 2. Dengan mengangkat tema “Perkenalan Anggota Baru Misykati serta Sosialisasi Acara Termin 2”, acara ini sekaligus juga merupakan tasyakuran dan perpisahan salah satu anggota Misykati Ajib Akbar Velayati (Mahasiswa S2 jurusan Ushul Fiqh) yang akan meninggalkan negeri sejuta menara untuk kembali ke bumi ibu pertiwi tercinta.

Acara yang sedianya dimulai pukul 16.00 CLT -sebagaimana telah diinformasikan Sitta A'la Arkham (Ketua Misykati) melalui jejaring sosial Facebook Misyakti- harus tertunda beberapa jam, dikarenakan keterlambatan beberapa anggota Misykati. Namun pada kenyataannya, acara malam itu tetap dimulai setelah maghrib. Dan ini mengakibatkan beberapa Misykati tidak bisa mengikuti seluruh rangkaian acara Misykati pada malam hari itu hingga akhir, terkhusus dari perempuan yang terbentur dengan jam masuk asrama. Meskipun begitu, hal tersebut tidak mengurangi kelancaran acara malam hari itu.

Tepat pukul 18.00 CLT, Ikfil Hasan (Mahasiswa S1 jurusan Aqidah Filsafah) selaku pembawa acara memulai acara pada malam itu dengan bacaan basmalah yang dilanjutkan dengan pembacaan susunan acara.

Pada awal susunan acara sambutan, pembawa acara mempersilahkan Ajib Velyati untuk menyampaikan kesan dan pesan selama di Mesir, terkhusus dalam ruang lingkup Misykati. Kemudian mantan ketua Misykati periode 2009/2010 ini pun menceritakan kesan-kesannya selama bersosialisasi dengan keluarga besar Misykati kurang lebih 6 tahun, baik suka maupun duka. Diakhir pembicaraan, beliau berpesan kepada seluruh anggota Misykati untuk selalu bersemangat dalam menuntut ilmu dan demi menggapai cita-cita leluhur mereka.

Selesai itu, pembawa acara mempersilahkan salah satu sesepuh Misykati Muchammad Wachid Romadlon-yang sering kali dipanggil -Amu Ndhon- untuk menyampaikan tausiyah. Beliau menyampaikan setiap perkataan dalam penyampaiannya dengan nada jelas, sehingga mudah bagi para Misykatian menangkap maksud perkataan beliau yang belandaskan pada dalil-dalil naqli serta perkataan para Ulama Islam. Cukup lama beliau menyampaikan perkataan demi perkataan hingga akhir, namun semua itu tidak ada tujuan lain kecuali untuk mengingatkan kembali Misykatian akan tujuan mereka di negeri para Anbiya dan Auliya ini untuk menuntut ilmu. Acara pun berlangsung khidmat dengan siraman rohani yang sangat menyejukkan hati itu.

Anggota baru telah siap untuk unjuk gigi, maka pembawa acara pun menunjuk Amna Musoffa untuk meperkenalkan diri dengan dilanjutkan penampilan pidato bahasa Arab. Mahasiswa asal Demak ini menyampaikan pidatonya dengan intonasi yang pas juga fasih, sehingga suaranya hampir-hampir seperti mubaligh top Mesir yang mengisi acara di Idza'atul Qur'anul Karim. Begitu juga dengan perkenalan dari mahasiswi baru yang lain, Izzatun Nafsiyyah. Tidak cukup dengan perkenalan, Izzah -sapaan akrabnya- pun diwajibkan berpidato dengan bahasa arab segabaimana Amna, karena itu adalah tradisi Misykati dalam menyambut anggota baru yang masih terjaga hingga sekarang.

Akhir dari seluruh rangkaian acara pada malam hari itu adalah sosialisasi program Misykati selama termin 2 oleh masing-masing divisi. Pertama, pemaparan program dari divisi Kajian oleh Jazam. Dilanjut pemaparan dari divisi olahraga yang disampaikan Ulinnuha, begitu juga tentang program pencetakkan buku alumni Misykati yang dikomandoi langsung oleh ketua Misykati, Sitta A'lamun. Pemaparan selanjutnya oleh divisi yang mengurusi Blog yang diwakili oleh Musabiq. Begitu juga  program silaturrahmi yang diwakili Sitta, dan yang terakhir adalah pemaparan program dari Nadya mengenai jalan-jalan bersama.

Di ujung acara, hidangan menu khusus masakan ala Padang Rendang dan kibdah tersaji untuk disantap oleh Misykatian. Dengan ini, lengkap sudah rangkaian acara Misykati pada malam yang bertajuk 3 in 1 ini. 

Penulis : Ulinnuha NR
Editor    : Ahmad Musabiq Habibie
Tulisan : 11

No comments:

Post a Comment