artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Enam trik menghafal Alquran


Kairo-- (15/4) Misykati, sebagai organisasi almamater yang menaungi alumni MAPK Surakarta di Mesir  tentunya mengingingkan semua anggotanya meraih kesuksesan dalam studynya. Tak terkecuali dalam menghadapi ujian Al-Azhar yang dimajukan dari biasanya, selasa (15/4) Misykati secara khusus mengadakan “tukar pengalaman” mengenai trik-trik menghafal alquran, yang mana biasanya hari selasa selalu diisi dengan kajian-kajian ilmiah.

Dalam hal ini Muhammad Fatwa Hujjah Qurani, sebagi seorang hafidzul quran membagi pengalamannya dan trik-trik mengenai bagaimana dulu ia menghafal alquran kepada Misykatian semua.

Dengan adanya tukar pengalaman seperti ini, diharapkan Misykatian semua bisa hafal alquran, minimalnya ketika ujian alquran di Al-Azhar bisa menjawab dengan baik dan benar.

Enam trik menghafal alquran

1.    Menghafal di tempat yang tenang dan nyaman

Dalam menghafal alquran kenyamanan dan ketenangan sangatlah diperlukan, karena menghafal alquran perlu konsentrasi tinggi. Adapun tempat-tempat strategis untuk menghafal menurut Fatwa ialah di Masjid, dan datanglah sebelum adzan dikumandangkan. Selain nyaman, ketika datang sebelum  adzan kita bisa memanjatkan doa yang insyaallah di kabulkan yaitu doa diantara adzan dan iqomah.

2.    Mintalah doa kepada orang tua

Tanpa diragukan  lagi bahwa doa orang tua salah satu yang paling diijabahi oleh Allah SWT, maka karenanya selalulah minta doa kepada orang tua untuk dimudahkan dalam menghafal.

3.    Meninggalkan maksiat

Sebagaimana kita ketahui semua ilmu itu akan mudah datang kepada orang yang bersih terjauh dari maksiat, tidak akan datang suatu ilmu kepada orang yang bermaksiat. Terlebih lagi dalam menghafal alquran ktia harus benar-benar jauh dari maksiat.

4.    Istiqomah

Kerap kali dalam menghafal alquran seseorang akan dipertemukan dengan rasa jenuh dan bosan ketika menghafal, disini keistiqomahan sangatlah diperlukan, kalau kita istiqomah dalam menghafal alquran niscaya kita akan dimuliakan oleh Allah SWT karena kita menjaga kalamNya.
Adapun untuk bisa istiqomah salah satu triknya yaitu;

-    Menjadikan alquran sebagai prioritas
-    Meluangkan waktu khusus (seperti setelah maghrib dan ashar) untuk menghafal
-    Menyesuaikan target hafalan jangan berlebih dan berkurang

5.    Jangan berhenti menghafal sebelum benar-benar hafal

Hal ini diperlukan untuk menguatkan hafalan kita dikemudian hari, supaya tidak mudah lupa atau berputar-putar ketika mengulangi lagi.

6.    Perlunya prioritas dan pengorbanan

Sebagaimana tadi telah dijelaskan, jadikanlah alquran sebagai prioritas maka kita akan mudah untuk istiqomah, selain itu pengorbanan juga diperlukan, kenapa? Jadi ketika orang lain bermain, bersenang-senang tapi target hafalan kita belum tercapai kita harus menghafal,menghafal, dan menghafal. Semua ini tidak akan tercapai kecuali dengan pengorbanan.

Tidak hanya itu saja dalam menghafal alquran hendaklah ada gurunya, orang yang menghafal alquran dengan sendiri tanpa digurukan termasuk orang yang sombong, karena dalam menghafal pasti ada satu dua kekeliruan, disinilah bimbingan seorang guru diperlukan yaitu untuk membenarkan bacaan kita, kalau sedari awal hafalan kita salah tanpa ada yang membetulkan niscaya dikemudian hari hafalan kita akan salah terus.

Jangan lupa untuk terus berdoa dan terus menghafal walau rintangan selalu menghadang. [6]

Penulis : Sitta A'la Arkham
Editor   : -
Tulisan : 25

No comments:

Post a Comment