artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Misykati Rayakan HUT di Tengah Rutinitas Kajian


Kairo- (1/4) Misykati (Majelis Intensif Studi Yurisprudensi dan Kajian Pengetahuan Islam) kembali melanjutkan agenda rutin mingguan mereka,  kali ini saudara Muhammad Thoriq Azizlah yang berkesempatan berbagi ilmu dengan mempresentasikan Ilmu 'arudh.

Thoriq memulainya dengan menjelaskan sejarah Ilmu 'arudh, kemudian ia melanjutkan presentasinya dengan menjelaskan mabadi' 'asyroh, menurutnya hal tersebut merupakan hal pokok dalam mempelajari suatu disiplin ilmu. Selesai menjelaskan mabadi' 'asyroh, ia segera masuk ke materi yang telah dipersiapkannya, berbekal selembaran berisi ringkasan ilmu 'arudh yang sebelumnya telah dibagikan ke peserta kajian, ia menjelaskan satu persatu kata dan kalimat  yang ada dalam selembaran tersebut secara jelas dan runtut.

Thoriq Aziz
Tambahan penjelasan darinya, membuat kajian ilmu 'arudh menjadi jelas dan mudah dipahami oleh peserta kajian.  Kajian dilanjutkan dengan latihan mengupas syiir dari segi ilmu 'arudh, Misykatian yang ikut kajian hari itu terlihat fokus dan antusias, ini disebabkan karena ilmu tersebut tidak di ajarkan di semua fakultas, terlebih mayoritas anggota Misykati belajar di fakultas syariah dan ushuludin. Kajian ini selesai betepatan dengan senandung adzan magrib berkumandang, yang kemudian di teruskan dengan shalat maghrib berjamaah.

Selesai kajian, agenda kedua hari itu pun segera digelar, peringatan dan perayaan HUT (Hari Ulang Tahun) Misykati ke-17 yang jatuh sehari sebelumnya 31 Maret 2014. Sesaat sebelum acara HUT dimulai, sebagian Misykatian menyempatkan diri narsis dan berfoto ria dengan “tumpeng” buatan akang Thole. Puas mengekspresikan diri, mereka melanjutkannya dengan foto antar angkatan dan diakhiri dengan foto bersama keluarga besar Misykati.

Keluarga Misykati
 Tepat pukul 19.00 Clt., dimulailah perayaan ulang tahun yang dibuka oleh Sitta A'la Arkham (selaku ketua organisasi ini) dengan bacaan surat alfatihah. Selesai pembukaan, Sitta mengajak Misykatian melantunkan Mars MAPK Surakarta, dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa memiliki terhadap MAPK Surakarta, khususnya kepada Misykati yang merupakan representasi dari sekolah tersebut di Mesir.

Persembahan puisi dari Thoriq Aziz yang dibuatnya secara khusus dalam rangka menyambut HUT kali ini semakin menambah semarak malam itu. Acara kemudian dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Amu Sugeng Hariyadi, dengan ini diharapkan Misykati tetap eksis sampai hari kiamat dan semakin jaya kedepannya.

Potong tumpeng menjadi penutup perayaan HUT yang baru pertama kalinya dirayakan oleh organisasi ini, selaku sesepuh Amu Zainul dipersilahkan untuk memotong tumpeng yang kemudian ia berikan kepada Muhammad Solichul 'Arifin selaku pembuat tumpeng.

Wajah keceriaan nampak jelas di muka Misyaktian, wajah-wajah yang optimistis menatap masa depan lebih cerah, wajah-wajah yang selalu siap dengan tantangan, serta wajah-wajah yang siap untuk mengabdi dan memajukan Misykati dan MAPK Surakarta.

Malam kebahagiaan itu diakhiri dengan makan bersama, suasana seperti ini semakin menambah keakraban dan hubungan kekeluargaan, anggota Misykati. Selamat ulang tahun untuk Misykati yang ke-17, semoga Misykati selalu eksis dan semakin berjaya. [6] كل عام و أنتم طيبون

Penulis : Fahmi Akbar
Editor   : Sitta A'la Arkham
Tulisan : 22







No comments:

Post a Comment