artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Sambut Ramadhan, Misykatian Bersantai Ria di Qonatir El-Khairiyyah


Kairo- (26/6) Lebih dari 1 bulan ujian termin 2 di berbagai fakultas Universitas Al-Azhar telah usai, terakhir ujian tingkat 2 fakultas lughah-arabiyah. Liburan setelah ujian kali ini, Misykatian merealisasikan liburannya dengan memancing ke Qonatir El-khairiyah, provinsi Qolyubiyah, sekaligus dalam rangka "melatih kesabaran menyambut ramadhan dengan mancing mania" yang merupakan tema rihlah kali ini.

Sekitar 30 orang telah bersiap berkumpul di mahattah tahrir. Misykatian menumpangi mobil tremco -angkutan umum- yang terbagi 2 mobil tremco, karena 1 mobil tremco memuat 15 orang. Harga tumpangan mobil tremco sendiri 3Le/orang dengan jurusan Qonatir. Perjalanan dari tahrir ke Qonatir El-khairiyyah sendiri memakan waktu 45 menit.

Sesampainya di Qonatir El-khairiyya, mobil tremco berhenti di area pemberhentian tremco yang sekaligus pasar tradisional. Misykatian berjalan dari pasar hingga terlihat jembatan besar menyambangi sebuah daratan ditengah apitan dua arus sungai Nil.

Seperti tujuan awal Misykati, yaitu memancing, Fahmi Akbar mencarikan tremco untuk menuju lokasi memancing. Hingga, tremco membawa Misykatian ke ujung dataran tengah yang diampit dua arus sungai Nil itu. Setelah berputar-putar untuk mencari lokasi strategis dalam memancing akhirnya, Misykatian menemukan salah satu tempat yang cukup strategis untuk mancing di tepi sungai Nil Qonatir, dan itu bertepatan dengan salah satu rumah warga, dengan izin warga setempat mancing mania segera dimulai untuk mendapatkan tangkapan yang memuaskan.

Seharian di ujung dataran tengah yang diapit dua arus sungai Nil, tiada aktivitas kecuali bersantai dengan memancing, bernyanyi riang, rujakan, dll. dan hal seperti inilah yang bisa menghilangkan kejenuhan pasca ujian termin 2. Kegiatan yang dirasa santai ditambah lagi hiasan pemandangan sungai Nil yang luas membentang dengan arus yang tenang menambah suasana begitu tentram. Sesekali kapal lewat dihadapan Misykatian, sesekali burung-burung turun dari udara mencari ikan di Nil.

Memancing hal yang mengasyikan, terlihat banyak dari Misykatian mengumpulkan ikan hingga waktu  menjelang maghrib tiba. Dengan wajah lesu bercampur senang, Misykatianpun berkemas  untuk kembali ke Kairo.

Berikut rute ke Qonatir dari Hay Asyir :

1. Dari Hay Asyir menuju Ramsies 2.5 le/orang.
2. Dari Ramsies menuju Tahrir 1 le/orang.
3. Dari Tahrir menuju Qonatir 2 le/orang.
4. Dari Qonatir menuju lokasi 1 le/orang.

Galery ;
by Ulul Bahagia


  
   
     
 

Penulis : Ahmad Musabiq Habibie
Editor   : Sitta A'la Arkham
Tulisan : 33

No comments:

Post a Comment