artikel

[Artikel][threecolumns]

ruparupa

[RupaRupa][grids]

lontar

[Lontar][twocolumns]

Alumni MAPK Surakarta Kembali Raih Gelar Master di al-Azhar dengan Predikat Cumlaude


Senin (18/8/2014) Alumni MAPK Surakarta, Muchammad Wachid Romadlon, meraih gelar master dengan predikat cumlaude di Fakultas Ushuludin Jurusan Tafsir Universitas Al-Azhar Kairo. Mahasiswa asal Purworejo itu meraih gelar masternya setelah mempertahankan tesisnya yang berjudul  “Tarjihat Ibn `Adil fi Tafsirihi (al-Lubab fi Ulumil Kitab) min Awwali Surati Yunus ila Akhiri Surati an-Nahl, Dirasah wa Jam' " (Masalah-masalah yang Dirajihkan oleh Ibn Adil dalam Tafsirnya al-Lubab fi Ulumil Kitab dari Awal Surat Yunus sampai Akhir Surat an-Nahl) selama 3 jam di Auditorium Abdul Halim Mahfud, Fakultas Ushuluddin, Universitas Al-Azhar Kairo.

Sidang tesis yang berlangsung dari  jam 12.30-15.30 tersebut dihadiri puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan. Di akhir sidang, Muchammad Wachid Romadlon yang akrab dipanggil Ammu Dlon melakukan sujud syukur atas kelulusan dengan predikat cumlaude yang diumumkan para dosen penguji.

Dalam menggarap tesisnya, alumni MAPK tahun 2002 itu dibimbing oleh Prof. Dr. Husein Muhammad Ibrahim (Guru Besar Tafsir Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar) dan Prof. Dr. Muhammad Shalah Syaddad (Guru Besar Tafsir Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar ).

Adapun yang menjadi penguji adalah Prof. Dr. Zaki Muhammad Abu Sari` (Guru Besar Tafsir Fakultas Dirasat Islamiyyah Universitas Al-Azhar) dan Prof. Dr. Hasanin Abdul Fatah (Guru Besar Tafsir Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar).

Ammu Dlon dengan gelar master yang diraihnya setelah selama 8 tahun menduduki bangku pascasarjana  itu, menambah daftar Alumni MAPK Surakarta yang berhasil menyelesaikan studi S2 di Universitas Al-Azhar menjadi 6 orang, setelah Muhammad Zainul Abidin, Sugeng Hariyadi, Khairun Niat, Latif Hakim dan Saiful Bahri.

Moh Faqih Dlofir

Terlahir ngapak dan biasa dipanggil Faqih, Dlofir atau Cah Gagah. Selama tidak ada urusan kegiatannya berupa makan, minum, tidur, bolak-balik kamar mandi dan nge-net. Kalau main PES selalu menang, mungkin karena jarang piknik. Oia, dalam pengakuannya dia senang membaca.

No comments:

Post a Comment